Rem-rem Brembo untuk kejuaraan dunia MotoGP 2018.

1/16/2018

Semua tren mengenai komponen rem papan atas.

​​​​

Untuk yang ketiga kalinya secara berturut-turut, 100% pembalap MotoGP telah memutuskan untuk mengandalkan performa tinggi, keandalan, dan jaminan keamanan komponen-komponen Brembo: kaliper rem, cakram, pompa rem, pompa kopling, dan bantalan rem.

Sejak kelas MotoGP diperkenalkan pada tahun 2002, ke-278 lomba GP telah dimenangkan oleh motor-motor yang dilengkapi dengan rem-rem Brembo. Rangkaian kemenangan di kelas papan atas sebenarnya telah berlangsung lama, mengingat GP terakhir kelas 500 cc yang dimenangkan oleh motor tanpa komponen Brembo terjadi pada tahun 1995.

Perusahaan yang terdepan dalam produksi sistem rem ini terus mengembangkan sistem remnya, untuk menjamin performa maksimal pembalap, optimisasi feeling serta keamanan mutlak. Selain itu, Brembo juga menanggapi banyaknya permintaan dari beragam tim dengan menawarkan “kustomisasi” sistem rem sedetail mungkin untuk memuaskan kebutuhan spesifik para pembalap.

 

Untuk musim balapan tahun 2018, Brembo menawarkan kepada tim-tim yang bertanding pilihan solusi rem yang semakin maju dan tidak pernah tersedia sebelumnya bagi kelas papan atas, untuk setiap komponen sistem pengereman, tersedia pilihan teknis yang beragam untuk tim dan pembalap.

Keberagaman pilihan solusi teknis ini memungkinkan Brembo, meski menjadi pemasok bagi 100% pembalap yang berlaga, untuk tetap sanggup memberi jaminan kepada setiap pembalap untuk dapat melakukan “kustomisasi” sistem rem motor masing-masing berdasarkan gaya mengemudi, karakteristik jalur sirkuit, dan juga strategi balapan.

Di tahun 2018 ini, para pembalap akan bisa memilih dua jenis kaliper aluminium (Light duty dan Heavy duty) dan juga dua jenis bantalan rem karbon (High Mass dan Standard). Pilihan yang jauh lebih banyak tersedia bagi opsi-opsi yang terkait dengan cakram rem, pompa rem, dan roda.

Tidak adanya peraturan baru dan juga pemakaian ban dengan struktur dan karakteristik yang sama dengan tahun 2017, membuat para teknisi Brembo yang bekerja sama dengan semua tim memprediksikan pemakaian rem yang tidak akan jauh berbeda dengan musim lalu.

 

 

10 solusi cakram rem karbon

Kebanyakan pembalap harus mengemudi dengan cakram-cakram berukuran mulai dari 340 mm, yang terbagi atas High Mass (high-end) dan Standard (low-end). Untuk memastikan torsi pengereman yang sama dan meringankan rem, cakram-cakram berukuran 340 mm Light diperkenalkan. Akan tetapi, beberapa tim akan terus menggunakan cakram-cakram Standard dan High Mass berukuran 320 mm. Selain itu, untuk setiap cakram rem dan ukuran bantalan rem, tersedia dua jenis campuran karbon yang berlainan dalam hal cengkeraman awal dan ketahanannya terhadap suhu tinggi. Secara keseluruhan, Brembo menyediakan 10 opsi cakram rem yang berbeda untuk para pembalap. Setelah hasil GP Jepang pada bulan Oktober lalu, dengan 9 pembalap pertama yang mencapai garis akhir mengendarai motor bercakram karbon di bawah guyuran hujan deras, menandakan peningkatan jumlah pembalap yang akan menanggalkan cakram baja, bahkan saat menghadapi lebatnya curah hujan. Karbon memiliki tiga keunggulan: pengurangan bobot yang tak ditopang oleh suspensi, koefisien gesekan yang sama dari awal hingga akhir, dan tidak adanya masalah sisa torsi yang biasanya mengganggu cakram-cakram baja.

 

​2 jenis sistem dengan pompa rem jempol

Ada beragam jenis pompa rem jempol yang tersedia bagi tim-tim balapan, dalam kaitannya dengan interaxis. Karakteristik ini memungkinkan penyesuaian balapan maupun “reaktivitas” penguasaan sesuai feeling pembalap. Selain itu, setiap motor memiliki remote adjuster yang dioperasikan dengan tangan kiri pembalap untuk mengatur posisi tuas rem, meskipun motor dalam keadaan melaju. Menurut pengamatan Brembo, lebih dari sepertiga pembalap MotoGP menggunakan pompa jempol secara rutin. Solusi teknis ini diperkenalkan oleh Brembo di tahun sembilan puluhan untuk membantu Mick Doohan, memungkinkan pengaktifan rem belakang dengan menekan tuas khusus yang dipasang di atas semi-setang kiri.

 

Ada dua varian sistem dengan pompa jempol yang digunakan di tahun 2018: yang lebih umum memiliki sirkuit tunggal untuk pompa jempol dan pedal yang menggunakan kaliper belakang dengan 2 piston. Jenis yang kedua memiliki dua sirkuit terpisah, masing-masing bergerak pada 2 dari 4 piston di kaliper belakang. Pada jenis yang pertama, satu sistem tidak dapat melibatkan yang lainnya, sedangkan pada jenis yang kedua, dua sistem dapat beroperasi secara bersamaan.



 

3 opsi ban Marchesini


Di musim tahun 2018 ini, ban-ban dari magnesium tempa Marchesini kembali melengkapi sebagian besar pembalap MotoGP. Ban-ban Marchesini memiliki 7 ruji dan diciptakan dalam 3 varian, baik untuk roda depan maupun roda belakang: salah satu solusinya lebih ringan tetapi kurang kokoh, satunya lagi lebih kokoh tetapi juga lebih berat, dan yang terakhir berada di tengah-tengahnya. Ban-ban Marchesini, merk dari Grup Brembo, menjamin penghematan beban motor sehingga melancarkan percepatan dan pengendalian saat berganti arah.​

 

 

​​

Brembo S.p.A. | P.IVA 00222620163

Follow us

Follow us on FacebookTwitterYouTubeLinkedIngoogle_plus.jpgPinterestInstagramVineYoukuWeibosnapchat.pngwechat.png